Perangkat Cisco yang Bajakan

Minggu ini ada berita lagi mengenai perangkat Cisco bajakan yang tertangkap di Kanada. Nilai bajakan kali ini sekitar USD$78Juta, dan meliputi 400 perangkat (router, switch, NIC) dan label/stiker merek Cisco.

Asal perangkat bajakan ini: China

Ini bukan berita baru. Beberapa tahun yang lalu ada kasus seorang pekerja Cisco yang di tuduh “mencuri” source-code dari produk router Cisco. Juga tahun lalu polisi FBI juga berhasil menjaring sekitar 3500 komponen bajakan ber label Cisco.

Memang enggak heran. Kebanyakan perangkat hardware sebenarnya di buat (manufacture) di Taiwan dan China. Banyak perusahaan disana yang punya bukan saja desain hardware dan asic, tetapi juga firmware untuk chipset pada komponen2 tersebut.

Bagi anda yang membeli perangkat bekas (seperti di eBay) ada baiknya berhati-hati dalam membeli hardware Cisco yang nampaknya “murah”:

  • Kalau barangnya seharga ratusan dolar, minta copy dari receipt/bon pembelian perangkat tersebut (copy of original receipt).
  • Minta CD software yang asli untuk perangkat itu (original Cisco software).
  • Periksa bahwa CD sesuai dengan perangkat.
  • Register barang tersebut ke situs Cisco.
  • Kalau beli di eBay, gunakan PayPal dengan memilih asuransi (insurance) kalau2 barang terbukti salah atau palsu
  • Kalau di eBay, selalu membeli dari sumber/penjual yang “berbintang” banyak (yaitu yang sudah memiliki reputasi baik di eBay).

Kalau begini sich, no wonder the US has a trade deficit with China 🙂

Iklan

Komentar ditutup.