2008 Tahun Konten

Tahun 2008 baru masuk dua Minggu, tapi rasanya sudah banyak perkembangan. Mungkin karena CES2008 dan MacWorld2008. Topik yang sering muncul di media adalah mengenai peningkatan jumlah dan kualitas konten (content) di Internet. Istilah “konten” banyak artinya, tetapi di sini yang dimaksud adalah bahan media seperti film, foto, artikel, blog, dsbnya. (Software dan firmware bukan masuk kategori konten).

Apa yang menyebabkan saya berpendapat 2008 bakalan jadi “Tahun Konten“:

  • Minggu ini di MacWorld 2008 San Francisco, Steve Jobs mengumumkan versi baru dari produk Apple TV bersama dengan kontrak dengan Studio2 film. Baca: Apple serius mengenai penggunaan iTunes untuk “delivery platform” bagi konten. Fokus Apple TV adalah pada film2 baru.
  • Dalam antisipasi berita dari Apple ini, NetFlix menghapus batas atas akses kepada konten film melalui Internet. Sebelumnya para pelanggan NetFlix hanya boleh melihat film pada komputer selama 17 jam (max). Sekarang batas itu ditiadakan.
  • ComCast juga telah mengumumkan penambahan jumlah konten Video-on-Demand (VOD) sebanyak 6000 film, di mana 3000 film merupakan jenis Hi Definition (Hi-Def). Selain itu, ComCast juga menyatakan akan mulai memberikan jasa Internet berkecepatan 160 Mpbs menggunakan spesifikasi DOCSISv3.0 dari Cable Labs. Sekarang ini kecepatan jasa CableModem dari ComCast rata-rata hanya 10Mbps. Terlalu pelan untuk download film yang Hi-Def.

Tinggal sekarang menunggu apa jawaban dari Sony, MSFT dan BlockBuster Video 🙂

Iklan

Komentar ditutup.