Software Radio chipset baru Intel: WiMax, WiFi dan DVB-H

Minggu ini Intel mengumumkan demo suatu chip baru yang berfungsi atas dasar konsep software radio.

Chip ini dapat meng-handle WiFi (802.11), WiMax (802.16) dan DVB-H. Kapabilitas yang terakhir ini adalah untuk memproses content dalam format standard DVB-H (Digital Video Broadcasting – Handheld). DVB-H adalah standard untuk konten TV yang digunakan di Eropa.

Konsep dari Intel adalah mobilitas konten, dimana pemakai dapat menerima packet konten (ex. di laptop) melalui sarana Wireless Broadband (WiMax) ketika sedang jalan-jalan dan melalui sarana WiFi kalau sedang statis (ex. dirumah). Dengan menggunakan 1 chip diharapkan bahwa form factor ukuran akan lebih kecil dibandingkan dengan 2 atau 3 chip radio.

IMHO, jelas ini bagian dari strategi Intel dalam dunia WiMax. Intel Capital sudah menanamkan lebih dari $600 juta untuk pemain-pemain dunia WiMax. Tetapi, hal yang menarik adalah support untuk DVB-H dalam chip mobile ini. Jelas Intel memiliki keinginan strategis untuk memegang peran penting dalam dunia konten.

Iklan

One response to “Software Radio chipset baru Intel: WiMax, WiFi dan DVB-H

  1. Kalau bener, ini bisa bikin edan dunia nirkabel.. Dari dulu saya sudah mikirin bahwa Intel akan buat chip WiMax di dalam notebook… Plus ditambah WiMax dan WiFi di dalam satu chip?

    Harap-harap cemas niy, karena WiMax belum standar.. seperti di sisi frekuensi dan signaling) … Dari sisi standar, WiMax masih jauh dari istilah matang.

    Erick Renaldo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s